Mengenal Fungsi Node di Coreldraw

Berikutnya ini kita akan membahas tentang node. Perlu anda ketahui bahwa ada tiga macam node; masing masing adalah
  • cusp.
  • smooth dan 
  • symmetrical.
  • Mengenal Fungsi Node di Coreldraw
Cusp adalah satu- satunya jenis node yang dapat membentuk sudut. Pada contoh tampak node dengan jenis cusp, membentuk sudut antara segment line dan curve.

Yang perlu anda perhatikan pula di sini adalah garis putus biru dengan ujung kotak hitam. Kotak hitam ini disebut curve control point, atau kita singkat ccp, dan garis birunya kita sebut dengan segment ccp atau sccp. Pada setiap garis melengkung (segment curve), ccp dan sccp- nya dapat kita akses dengan shape tool atau [F10] seperti biasa. Secara matematis, sccp adalah garis singgung dari kurva. Dengan merubah sccp atau letak ccp, anda dapat merubah kelengkungan suatu curve dengan mudah.

Untuk Pecobaan:
  1. Buatlah sebuah curve seperti pada aktifitas sebelum ini.
  2. Kali ini kita akan melengkungkan curve ini tidak melalui segment, tetapi melalui nodes.
  3. Akses shape tool, klik kanan node, pilih ‘to curve’ untuk mengkonversi jenis segment.
  4. Masih dengan shape tool, seleksilah salah satu dari dua node yang ada. Seharusnya sccp dan ccp sudah tampak.
  5. Mengenal Fungsi Node di Coreldraw Pindahkan/ drag ccp seperti pada contoh.Selagi memindahkan, rasakan perbedaan yang timbul pada curve.
  6.  Lakukan hal yang sama pada ccp dari node yang kedua.
Untuk node yang memiliki dua segment (dari minimum satu dan maksimum dua), misalnya nod 2, 3, dan 4 pada contoh, masing- masing node memiliki dua ccp dan dua sccp. Masalahnya adalah relasi antar kedua ccp- nya. Ini mempengaruhi jenis node smooth dan symmetrical.

Jenis node kedua adalah smooth.
 Mengenal Fungsi Node di Coreldraw
Node dengan jenis smooth (dipaksa) memiliki dua ccp, yang segaris terhadap node-nya, dengan kata lain; ccp pertama, node, dan ccp kedua harus membentuk garis lurus. Jadi jika anda menggerakkan satu ccp, ccp lawannya akan ikut bergerak secara radian terhadap node.

Jenis node ketiga adalah symmetrical. Pada dasarnya jenis ini sama dengan smooth. Bedanya, kedua ccp memiliki jarak yang selalu sama dengan node induk- nya. Mengenal Fungsi Node di Coreldraw
Jadi jika anda menggerakkan satu ccp, ccp lawannya akan melakukan gerakan yang sama persis secara pencerminan, sambil menyamakan jarak.

Node dalam curve memiliki suatu hirarki ( Baca Juga : hirarki node dalam Coreldraw ), dimana salah satu dari semua node dalam suatu obyek pasti merupakan node nomor satu, dengan tanda simbol node yang lebih besar dari node lainnya. Dalam hal ini node nomor satu adalah node yang diberi kode angka satu merah.
    Load disqus comments

    0 Komentar