Aneka Benang Rajut

Aneka Benang Rajut
Aneka Benang Rajut, Kain adalah barang yang dibuat dari benang yang digunakan untuk pakaian atau untuk maksud lain. Cara membuat kain ada 2 macam yaitu dengan cara di tenun dan dirajut. Tenun adalah menyilangkan 2 benang dengan cara dianyam atau menggunakan mesin tenun sedangkan rajut adalah teknik membuat kain dengan cara mengaitkan dua buah benang.
Benang merupakan serat panjang yang digunakan untuk memproduksi tekstil, tenun, knitting, crochet, jahit dll. Ada empat macam jenis benang berdasarkan bahan pembuatnya.
Empat macam bahan pembuat benang adalah  serat alam, sintesis, semi sintetis dan blending.
Bahan yang terbuat dari serat alam yang biasa di temui adalah benang katun. Benang ini bahan pembuat utamanya adalah kapas. Benang rajut sintesis adalah benang rajut yang dibuat dari bahan sintesis. Bahan sintesis adalah bahan buatan yang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga mempunya sifat (kelenturan, kekuatan, elastisitas) tertentu. Pada umumnya benang sintesis memiliki harga lebih mahal daripada benang katun. Benang rajut yang termasuk benang sintesis adalah benang bulky, benang jala, benang poliester, benang acrylic dan benang nilon. Benang semi sintesis adalah benang sintersis yang bahan penyusunnya terbuat dari bahan yang komposisi penyusun kimianya bersifat organik. Benang rajut yang termasuk benang semi sintesis adalah benang rayon. Jenis benang rajut berdasarkan bahan pembuatnya adalah benang blending. Benang blending adalah benang yang terbuat dari campuran bahan alam dan bahan semi sintesis. Benang rajut yang termasuk dalam benang blending adalah benang athena.

*) Baca Juga : Pengertian Nomor Resi

Untuk membuat sandal rajut, baju rajut, tas rajut, topi, syal dan berbagai pernak-pernik lain hendaknya memilih benang rajut yang sesuai dengan produk unik dan cantik yang akan dibuat. Mayoritas benang rajut yang terbuat dari katun cocok untuk dibuat berbagai macam produk rajutan apapun sedangkan beberapa benang rajut yang lain hanya cocok digunakan untuk membuat jenis produk rajutan tertentu saja.
Berikut beberapa benang yang biasa digunakan untuk membuat rajutan :
  1. Benang Katun.
    Benang Katun adalah benang rajut yang terbuat dari serat alami (kapas). Benang ini adalah benang yang biasa digunakan oleh pemula yang baru belajar merajut. Benang katun sifatnya dingin, ringan dan memiliki banyak variasi warna. Benang katun bisa digunakan untuk membuat berbagai macam pernik sulam Benang katun ada yang memiliki satu warna dan memiliki warna gradasi. Benang yang memiliki warna gradasi biasa disebut dengan benang sembur. Jenis benang katun yang lain adalah benang katun bali halus (jasmine), benang katun import
  2. Benang Katun Minlon
    Benang Minlon adalah benang rajut yang sejenis dengan benang Kinlon. Benang ini adalah benang katun yang lembut. Oleh karena sifatnya yang ringan dan lembut maka cocok untuk digunakan sebagai bahan membuat syal, amigurami dan baju.
  3. Benang Katun Kinlon
    Benang katun Kinlon adalah benang rajut yang sejenis dengan benang katun minlon. Benang inipun cocok digunakan untuk membuat syal karena sifatnya yang mengembang dan hangat jika mengenai tubuh.
  4. Benang Katun Panda.
    Benang katun Panda adalah benang yang cocok digunakan untuk membuat kaos kaki karena teksturnya lembut dan hangat dikulit.
  5. Benang Katun Orchid
    Benang katun orchid adalah benang katun yang lembut namun memiliki tekstur benang yang agak pecah. Benang Orchid cocok jika digunakan untuk membuat baju dan syal. Benang ini kerap dibandingkan dengan benang Panda. Untuk yang belum terbiasa dengan benang yang agak pecah disarankan menggunakan benang Panda atau menggunakan Hakpen dengan ukuran 1 ukuran di atasnya.
  6. Benang Rajut Bulky.
    Benang Bulky adalah benang rajut yang terbuat dari acrylic. Benang ini lembut dan berserat. Benang Bulky adalah benang yang cocok dibuat untuk membuat tas, syal atau topi.
  7. Benang poliester.
    Benang rajut poliester adalah benang rajut yang banyak digunakan untuk membuat sweater, cardigan dan juga syal. Sifat benang poliester adalah tidak mudah kusut, tidak mudah lekuk serta tidak mudah luntur.
  8. Benang rajut Acrylic.
    Benang rajut acrylic adalah jenis benang rajut yang terbuat dari bahan sintesis yaitu acrilic. Sifat acrylic adalah lembut, ringan dan dingin jika dikulit.
  9. Benang  nilon
    Benang Nilon adalah benang rajut yang karena sifatnya yang kuat dan elastis serta mengkilat. Oleh karena itu benang nilon banyak digunakan sebagai bahan tas rajut. Benang nilon yang berukuran kecil bisa digunakan untuk membuat berbagai aksesoris.
  10. Benang Smock
    Benang smock adalah benang yang terbuat dari bahan rayon yang khusus digunakan untuk membuat hiasan pada bagian pinggir jilbab.
  11. Benang Rayon
    Rayon adalah salah satu jenis benang rajut yang terbuat dari bahan semi sintesis. Benang ini sifatnya kaku dan tidak mudah kusut.
  12. Benang Athena
    Benang Athena adalah benang rajut yang terbuat dari bahan campuran katun, acrylic dan beberapa benang menggunakan rayon sebagai campuran. Benang ini lembut sehingga cocok jika digunakan untuk membuat topi, syal atau topi.
  13. Benang Jala
    Benang Rajut Jala adalah benang rajut yang digunakan untuk membuat taplak meja.

Incoming search terms:

  • aneka benang
  • aneka benang Malang com
  • aneka be
  • aneka rajutan
  • Benang rajut
  • cara membuat sprei rajutan
  • cara membuat syal dan couple
Load disqus comments

0 Komentar