outline style dalam coreldraw

Line, atau yang dalam Coreldraw selalu disebut outline (dalam Artikel ini disebut line saja), sesungguhnya memiliki banyak property atau faktor penentu penampilan. Sejauh ini kita telah mengetahui bahwa sebuah line memiliki property color (outline color) dan mungkin juga telah kita singgung sedikit mengenai outline width, outline style, edge arrowhead. Dalam Artikel ini kita akan membahas property lainnya. diantaranya Mengenai :
  • Color.
  • Width.
  • Style.
  • Corners.
  • Line caps.
  • Arrowheads.
  • Calligraphy.
  • Behind fill.
Buatlah sebuah curve yang mirip huruf “S”dengan freehand tool atau bezier tool. Usahakan agak besar agar mudah diperhatikan. Kemudian bukalah outline pen dialog box dengan menekan [F12] pada keyboard atau melalui toolbox > outline tool > outline pen dialog nantti akan muncul seperti gambar di bawah ini.

outline pen dialog box
Melalui outline pen dialog box ini kita dapat menentukan berbagai property yang dibutuhkan oleh sebuah line.
Color
  • Kita dapat menentukan warna line. Secara default, yang tampil adalah warna- warna pallette Coreldraw. Jika kita membutuhkan warna lain yang unik atau lebih spesifik, kita dapat menekan tombol “other”, dan tentukan warna yang kita inginkan dari banyak system warna yang tersedia. Sesuaikandengan kemampuan printer atau penyedia jasa printer yang akan kita gunakan. warna line 
Width.
  • Outline width adalah ketebalan garis. Perhatikan bahwa nilai ketebalan adalah jarak total dari segment vector konseptual ke satu sisi dan ke sisi lainnya, seperti ditunjukkan gambar. Ubahlah sesuai keinginan tanpa ada batasan nilai tertentu. Outline-width 
Style.
  • Style yang dimaksud adalah bagaimana outline ditampilkan. Ini mencakup garis menerus, titiktitik, garis putus- putus, dan kombinasinya.
    garis putus- putus
    Pilihlah style yang kita butuhkan dari drop- down menu yang disediakan. Bila yang kita cari tidak ada, tekan tombol ‘edit style’ untuk membuat yang baru.
Dalam edit style, kita langsung dihadapkan dengan interface untuk membuat style garis baru. Suatu garis dianggap sebagai kumpulan titik-titik (minimal dua titik), dan dalam edit style, garis putus- putus dianggap sebagai pengulangan dari suatu modul tertentu.

Modul inilah yang kita buat dalam edit style. Karena tidak mungkin kita membuat garis menerus di sini (garis menerus tidak ada variasinya), kita mulai dengan minimal 2 titik (maksimal 60), dimana titik pertama harus hitam, dan kedua (atau terakhir, jika kita menggunakan lebih dari 2 titik) harus putih.

Anggap hitam adalah solid, pada prakteknya ini diwakili oleh outline color apapun yang kita pilih. Sementara itu, anggap pula putih sebagai bagian transparan dari suatu garis putus- putus.


menambah garis putus- putus
Setelah menentukan style garis, tekan ‘add’ untuk menambah style sebagai anggota baru dropdown menu, atau tekan ‘replace’ untuk mengganti/ menimpa style yang ada pada drop down menu.

Corners.
  • Khususnya untuk curve yang memiliki node besifat cusp, outline pada node tersebut dapat ditentukan sifatnya. Ada tiga macam gaya yang dapat dipilih: tajam, bundar, dan patah. Masing- masing contohnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
    Corners
Line caps.
  • Selain corners, bagian ujung dari outline juga dapat ditentukan tampilannya. Pada contoh, perhatikan hubungan bentuk ujung outline dengan conceptual vector dan outline width. Pada model yang pertama, outline akan berakhir bersamaan dengan segment. Pada mode kedua (rounded), outline berhenti bersama segment terakhir, lalu membentuk setengah lingkaran dengan titik pusat pada node ujung dan diameter yang sama dengan outline width. Mode terakhir serupa dengan mode rounded (kedua) tadi, tapi tidak membentuk setengah lingkaran, melainkan membentuk persegi empat pada ujungnya, tergantung outline width dan setting calligraphy.
    Line-caps
Arrowheads.
  • Arrowheads adalah alternatif dari line caps yang bentuknya dapat diatur. Ada dua drop- down menu masing- masing untuk start dan untuk end. Dari drop- down menu tersebut, pilihlah salah satunya. Biasanya digunakan bentuk kepala panah, lingkaran, atau segi empat. Bentuk- bentuk lain juga dapat dipilih. Bila anda menginginkan bentuk tertentu, anda dapat membuat (edit atau create new) sendiri dengan memilih tombol ‘options’ di bawah drop- down menu start atau end Arrowheads
Untuk artikel outline style dalam coreldraw Bersambung ke Artikel selanjutnya mengenai Line Calligraphy dan Behind fill yang belum sempat di bahas di artikel sekarang ini.
Load disqus comments

0 Komentar