Penggunaan Envelope Tool Coreldraw

Envelope Tool
Envelope memaksa object atau group object supaya mengikuti artikulasi, translasi, atau gesture tertentu. Atau dengan kata lain, dipaksa mengikuti bentuk baru, tanpa meng- edit object tersebut satu persatu dengan shape tool.

Envelope dapat digunakan sebagai pengganti distortion, karena pada dasarnya envelope juga mendistorsi object secara manual, dengan menganggap object, atau dalam hal ini group, sebagai satu object sendiri, yang dapat dibentuk sesuka anda.


Envelope juga dapat dianggap sebagai alternatif dari powerclip, karena sifatnya yang membatasi bentuk dari sekelompok object. Mengenai effect mana yang harus anda gunakan, sangat tergantung dari kasus yang anda hadapi.

Mengaplikasikan envelope dan mengendalikan bentuk envelope sangat mirip dengan node editing. Pilih object yang akan di- envelope, lalu 8 control points yang muncul dapat anda kendalikan sesuai dengan kebutuhan, dan object akan mengikuti translasi bentuk yang anda berikan tadi.

Contoh penggunaan effect envelope antara lain adalah apabila anda perlu membuat sebuah bola bermotif kotak- kotak seperti pada contoh. Agaknya effect envelope memang sangat vital dalam pembuatan bentuk seperti ini.

effect envelope

Semoga bermanfaat, Baca Juga Import File kedalam CorelDraw
Load disqus comments

0 Komentar