Export document Coreldraw

Export document Coreldraw
Dalam mengerjakan suatu project, jarang dapat diselesaikan hanya dengan satu software saja. Misalnya untuk me- layout satu halaman majalah, Coreldraw harus dibantu minimal oleh Corelphotopaint atau Adobe Photoshop, untuk mengedit foto- foto yang dibuat oleh wartawan/fotografer. Sebagai perantara dari Coreldraw ke Adobe Photoshop atau Corelphotopaint, objec-tobject dari Coreldraw harus di- export ke dalam bentuk yang dapat di- baca oleh photoshop atau photopaint.
Jadi export adalah membuat file tertentu dari satu, beberapa, atau seluruh object yang ada dalam document Coreldraw tertentu, dengan format tertentu yang dapat dibaca oleh software tujuan. Export tidak mengganggu document Coreldraw aslinya. Format yang dapat diakomodasi oleh export Coreldraw antara lain file raster seperti jpg, gif, png, psd, bmp, dan juga file teks, seperti doc, rtf, dan txt. Pilihlah format dengan pertimbangan software tujuan, ukuran file, dan jenis object yang diexport.

Prosedur export dimulai dengan mengakses menu file> export, atau langsung melalui shortcut keyboard ([ctrl]+ [E]), yang kedua memunculkan interface export. Setelah mementukan nama dan format file, interface selanjutnya tergantung pada format yang anda pilih. Berikut adalah contoh untuk format jpg, dimana anda diminta untuk menentukan ukuran gambar bitmap , resolusi, dan setting bitmap lainnya, dan kemudian memeriksa previewnya.
Export document Coreldraw

*) Baca Juga artikel berikutnya mengenai Publish document Coreldraw to HTML
Load disqus comments

0 Komentar