Print Dokumen Coreldraw

Printing sebuah dokumen Coreldraw dimulai dengan mengakses perintah print melalui standard toolbar, melalui menu file> print, atau langsung menekan shortcut keyboard ([ctrl]+ [P]). Ini akan memunculkan interface print yang berisi berbagai setting seperti layout, separation, dan prepress. Bila ukuran atau orientasi page dokumen anda unik, Coreldraw akan menanyakan apakah anda ingin agar printer menyesuaikan diri secara otomatis.

Print Dokumen Coreldraw
Selain dari yang ditampilkan pada penjelasan gambar, anda juga dapat menemukan setting untuk jumlah copies yang anda butuhkan. Isilah field number of copies dengan jumlah copy yang anda butuhkan.
Bila anda mencetak lebih dari satu copy, dan setting collate tidak anda aktifkan, anda akan memperoleh cetakan dengan urutan halaman 1 sebanyak copy yang anda minta, dan begitu seterusnya hingga terakhir. Bila collate diaktifkan, pencetakan akan dilakukan per- copy, halaman 1, 2, 3, hingga terakhir, baru kemudian printer melakukannya sekali lagi untuk copy kedua, dan seterusnya. Tergantung driver printer yang anda miliki, anda juga dapat men- set agar urutan pencetakan terbalik, yaitu dimulai dari halaman terakhir.

Khususnya untuk setting berikutnya, yaitu yang mengenai layout, anda membutuhkan print preview.

print preview

Coreldraw menyediakan dua print preview; quick preview dan print preview window. Quick preview memperluas interface print, dan mengadakan print preview kecil pada bagian kanan. Bila tombol print preview anda tekan, maka akan muncul sebuah window baru.

Setting layout adalah setting perletakkan object- object perhalaman terhadap hasil print relatif pada kertas. Pilihan yang ada, berturut- turut: persis seperti dokumen, diperbesar atau perkecil agar cocok dengan ukuran kertas, atur posisi object-object secara manual.

Setting layout print preview

Selain itu ada pula fungsi untuk mencetak secara mozaic. Cetak mozaic adalah mencetak dokumen besar dengan menggabungkan beberapa hasil cetakan pada kertas yang lebih kecil. Misalnya mencetak ukuran A3 dengan menggabungkan dua hasil cetakan pada kertas A4, masing- masing separuh gambar. Untuk keperluan ini, anda dapat mengaktifkan fungsi print tiled pages, dan mengatur settingnya sesuai kebutuhan. Dengan fungsi ini, anda dapat mencetak publikasi dengan ukuran fisik yang relatif tidak terbatas besarnya; hanya dibatasi persedian lem yang anda miliki.

Bagi anda yang memiliki sifat hemat, tentu anda sudah mengenal teknik mencetak lebih dari satu halaman pada kertas yang sama dengan cara memperkecil ukuran halaman, sehingga satu halaman kertas dapat memuat empat halaman dokumen, misalnya. Coreldraw juga menyediakan fungsi ini.
Anda dapat mengakses fungsi ini melalui menu drop down imposition layout. Format- format yang dapat dipilih cukup banyak, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini.

memperkecil ukuran halaman print

Selain dari menu yang ada, anda juga dapat menentukan sendiri berapa kolom dan baris yang anda butuhkan melalui tombol edit imposition yang ada, sehingga anda dibawa ke window print preview, dimana anda dapat merubah jumlah kolom dan baris secara manual. bersambung ke artikel berikutnya mengenai setting print separations
Load disqus comments

0 Komentar