Mengenal Fungsi Clone di coreldraw

Clone adalah menduplikasi object sumbernya (master), sehingga menghasilkan duplikat dengan property yang masih mengikuti masternya. Hasil operasi ini disebut clone, dan sifatnya adalah meniru semua perubahan property yang terjadi pada masternya. Property yang dapat diikuti adalah fill, outline, shape (bentuk), transformation, dan bitmap color mask. Mengenai yang terakhir, khusus untuk gambar bitmap (biasanya hasil import) yang diberikan bitmap color mask.
Mengenal Fungsi Clone di coreldraw
Object A di- clonemenjadi A dan B.
Mengenal Fungsi Clone di coreldraw
Perubahan pada object A juga
dialami oleh object B.


Membuat clone dapat dilakukan pertama- tama dengan memilih object yang akan di- clone. Object tersebut selanjutnya dianggap sebagai master. Dalam keadaan master terpilih, buat sebuah clone dari object tersebut melalui menu edit> clone, dan setelah itu timbul object baru (posisinya tergantung setting duplicate pada
property bar page/ no selection) yang merupakan clone dari masternya. Satu master dapat memiliki beberapa clone, tapi sebaliknya, clone sama sekali tidakdapat di- clone lagi.

Clone dapat di- duplicate menghasilkan object yang juga merupakan clone dari master yang sama. Apapun yang anda lakukan pada property master, termasuk perubahan fill, outline, shape, transformation, atau bitmap color mask, semua akan diikuti oleh semua clone- nya. Aturan ini berlaku bila anda tidak merubah property clone secara manual. Bila anda telah merubah property

salah satu clone secara manual, maka khusus untuk clone tersebut, khusus untuk jenis property yang anda ubah (fill, outline, atau lainnya), hubungannya dengan master dianggap putus, sementara property clone yang tidak anda ubah, tetap mengikuti property masternya. Apabila setelah ada pemutusan hubungan property tersebut anda ingin kondisi clone supaya kembali mengikuti master, klik kanan clone yang dimaksud, lalu pilih revert to master, dan dari menu yang muncul, pilihlah property mana saja yang ingin diserahkan kepada master.
Mengenal Fungsi Clone di coreldraw
Salah satu kegunaan clone adalah me- rotate beberapa object sekaligus terhadap sumbunya masing- masing.
Apabila suatu master telah memiliki banyak clone sehingga keadaan terlalu membingungkan untuk membedakan master dan clone, anda dapat meng- click kanan salah satu clone, dan kemudian memilih select master. Sebaliknya, bila clone terlalu tersebar untuk dipilih, click kanan masternya, dan kemudian pilihlah select clones.

Hubungan clone
Memberikan gradient biru- kuning dari titik A ke B pada master membuat clone melakukan hal serupa
Hubungan group
Memberi gradient serupa pada group object menghasilkan fill seperti ini
- ( Baca Juga : Mengenal Fungsi Perspective )
Load disqus comments

0 Komentar