Mengenal Fungsi Extrude

Fungsi Extrude dalam coreldraw Untuk memberikan ketebalan pada object, seperti digambarkan pada contoh.
Fungsi Extrude dalam coreldraw
Meskipun tidak benar- benar bekerja secara 3 dimensi seperti Autocad atau 3dsmax, dan Extrusion yang dapat digunakan hanya sebatas yang lurus saja, di tangan sorang ahli, effect ini dapat menjadi sangat berguna.

Mengaplikasikan extrude dimulai dengan memilih object yang akan di- extrude, lalu lakukan drag dengan interactive extrude tool, dari (pusat) object ke arah menjauh.

Setelah itu, anda dapat menentukan banyak setting yang tersedia pada property bar interactive extrude, seperti extrusion type, vanishing point properties, depth, color, dan lighting. Anda juga dapat menentukan point of view dengan men- double click object yang sudah di- extrude dengan interactive extrude tool, dan setelah
itu anda dapat menentukan point of view dalam interface yang muncul.

Extrude yang baru saja dibahas adalah extrude untuk jenis vector. Masih ada satu jenis lagi yaitu extrude jenis bitmap. Perbedaannya,
  • Jenis bitmap benar- benar mensimulasikan extrude secara 3d software, perlu hardware yang cukup mendukung.
  • Jenis bitmap pencahayaannya lebih kompleks dan halus.
  • Jenis bitmap dapat diberi tekstur yang mengikuti aturan perspektif.
  • Jenis bitmap menghasilkan extrude yang lebih halus, namun tidak sefleksibel jenis vector.
Sedikit berbeda dengan jenis vector, pengaplikasian bitmap extrusion tidak dilakukan melalui drag, melainkan langsung menekan tombol bitmap extrusion mode pada property bar extrude. Demikian sesungguhnya object telah di- extrude, namun belum tampak karena viewpoint masih frontal. Agar tampak, anda harus me- rotate- nya, antara lain dengan cara melakukan double- click pada object ybs dengan interactive extrude tool, sebagaimana pada vector extrusion.

Coreldraw bukan merupakan software untuk menggambar 3D. Karena itu selama masih dapat diakomodasi dengan teknik manual, sebaiknya extrude vector maupun bitmap tidak digunakan. Di artikel berikutnya kita akan bahas mengenai Mengenal Fungsi Distortion dalam coreldraw.
Load disqus comments

0 Komentar