Artikel terpopuler yang paling banyak dibaca

Facebook, Artikel Terlaris Dibaca di Wikipedia Indonesia
Pengembang software asal Sawedia, Gunnarsson, merilis daftar artikel terpopuler yang paling banyak dibaca di Wikipedia. Daftar artikel tersebut disusun berdasarkan bahasa yang terdapat di Wikipedia.

Di Indonesia, Facebook menempati urutan teratas dalam daftar artikel yang paling banyak dibaca di situs digital ensiklopedia Wikipedia di 2012 dengan porsi 1,3 juta pembaca. Disusul artikel tentang Indonesia, Youtube, dan Sepakbola diurutan keempat.

Sementara artikel tentang Soekarno hadir di urutan kesepuluh bersama dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di urutan keenam, jauh meninggalkan penyanyi papan atas Agnes Monica yang berada di posisi 40. Fakta ini cukup menggembirakan, karena ternyata jiwa nasionalisme masyarakat kita masih cukup tinggi.
Wikipedia selama ini memang tidak pernah meliris daftar artikel yang paling sering dibaca, namun pihaknya mengizinkan pihak lain untuk menganalisi daftar log file miliknya.

Pencapaian Facebook ini tidak begitu mengherankan, mengingat jejaring sosial ini begitu populer dan banyak digunakan di masyarakat.

Seperti dilansir Allthingsd, Liputan6.com dan di kutip Nirwana Sitoeking, Gunnarsson mengatakan ada dua penjelasan mengapa Facebook menjadi begitu populer di Wikipedia.

Pertama, biasanya pengguna mengetik Facebook untuk login ke situs tersebut, namun mereka terjebak dengan riwayat penelusuran yang membawanya berakhir ke Wikipedia. Dan kedua, ini membuktikan bahwa rasa ingin tahu pengguna sangat tinggi tentang sejarah, kebijakan, dan latar belakang tentang Facebook.

Berikut daftar 10 artikel paling banyak dibaca di Wikipedia berbahasa Indonesia selama 2012:
  1. Facebook : 1,3 juta pembaca
  2. Indonesia : 1,07 juta pembaca
  3. YouTube : 1 juta pembaca
  4. Sepak bola : 627 ribu pembaca
  5. Bola voli : 622 ribu pembaca
  6. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia: 561 ribu pembaca
  7. Bola basket : 531 ribu pembaca
  8. Sejarah Indonesia: 518 ribu pembaca
  9. Budaya : 515 ribu pembaca
  10. Soekarno : 506 ribu pembaca
Load disqus comments

1 Komentar: