Mengenal Fungsi Shaping tools

Shaping tools mencakup knife tool dan eraser tool. Masing- masing, knife tool berfungsi untuk memotong obyek, sedangkan eraser tool menghapus bagian dari obyek. Masalahnya, hasil perpotongan berupa satu obyek atau beberapa obyek, dan dalam hal fill, obyek hasilnya tertutup atau terbuka. Untuk knife tool, tersedia dua mode operasi. Pertama leave as one object. Secara default mode ini dalam keadaan tidak aktif, sehingga tiap operasi knife tool akan menghasilkan obyek baru. Mode auto close on cut yang secara default dalam keadaan aktif akan selalu menghasilkan obyek baru (dan aslinya) yang tertutup.

Memotong obyek dengan knife tool dapat dilakukan dengan click pada titik pertama dan click pada titik berikutnya untuk potongan garis lurus, atau dengan drag pada obyek yang akan menghasilkan potongan yang berbentuk bebas. Perhatikan pula bahwa knife tool hanya dapat memotong segment, dan jika menggunakan mode auto close, akan membuat segment penghubung baru. Jadi ini artinya dalam keadaan apapun anda selalu memulai potongan knife tool dari satu segment, dan mengakhirinya pada segment yang lain.

Perhatikan tabel berikut ini:
Fungsi Shaping tools
Tampak bahwa jika auto close tidak aktif, hasilnya pasti tidak dapat diisi dengan fill karena berupa open curve, meskipun masih berupa satu obyek. Sebaliknya, bila auto close aktif, hasilnya selalu berupa closed curve sehingga dapat diisi fill, meskipun leave as one object dalam keadaan tidak aktif, dan hasil operasi berupa lebih dari satu obyek.

Eraser, seperti juga knife tool, berfungsi untuk memotong obyek.
Karakterisitik khususnya:
  1. Eraser tidak meninggalkan bekas potongan.
  2. Eraser dapat memotong langsung pada fill, tidak terbatas pada segment.
  3. Meski membagi dua obyek, hasilnya tetap berupa satu obyek.
Untuk benar- benar membagi menjadi dua obyek, gunakan fungsi break apart ([ctrl]+ [K]). Hanya ada tiga hal yang perlu diatur pada property bar eraser tool. Eraser thickness, ketebalan eraser yang digunakan. Auto reduce, jika diaktifkan akan menyederhanakan hasil operasi secara otomatis. Circle/ square, pilihlah bentuk eraser yang anda butuhkan dari dua bentuk yang tersedia. Baca juga artikel selanjutnya menganai outline style dalam coreldraw.
Load disqus comments

0 Komentar