Teknik Repeat Duplicate Objek CorelDRAW

Repeat Duplicate (Ctrl + R) merupakan teknik pengulangan proses penyalinan objek  dengan dasar aturan penyalinan awal. Perintah ini dapat Anda Gunakan untuk membentuk dari hasil penyalinan berulang. Anda dapat melakukan proses pemutaran objek , pembesaran atau pengecilan objek hingga pemindahan objek secara berulang. Berikut bebrapa contoh objek hasil dari Repeat Duplicate Objek ( Duplikasi Berulang )
Objek Hasil Perulangan Penyalinan

Objek hasil perulangan penyalinan
Anda dapat menggabungkan beberapa teknik - teknik pembentukan objek yang lain dengan  Teknik Repeat Duplicate ini sehingga dapat membentuk pola - pola yang cukup menarik. Berikut ini kita akan mencoba menggabungkan beberapa teknik yang telah di pelajari pada bagian Teknik Menyalin Objek Dengan Cepat Sebelumnya :
  1. Buatlah sebuah Ellipse sebagai bentuk Objek dasarnya.
  2. Lakukan konversi ke Curve dengan perintah Arrange > Convert To Curves ( Ctrl + Q )
  3. Pilihlah dua Node atas dan bawah menggunakan Tool Shape gunakan tombol Shift untuk memilih beberapa node secara langsung.

    seleksi beberapa node bersamaan
  4. Konversikan dua node tersebut sebagai Curve Cusp Curve Cusp kemudian editlah curve tersebut. Anda dapat melakukan Drag pada dua lengan node sehingga membentuk sudut Curve tertentu.

    Membentuk Curve Cusp
  5. Lakukan Duplikasi secara berulang dengan memanfaatkan rotasi objek sehingga menghasilkan objek yang berpola. Anda dapat memindahkan Poros As Objek kesisi ujung atas atau bawah dengan cara draging dan hasilnya seperti gambar di bawah ini :
    Hasil duplikasi objek berulang
  6. Dengan menggunakan Tool Smart Fill Tool Smart Fill, Anda dapat memberikan warna-warna tertentu unuk membuat pola objek yang lebih menarik seperti gambar berikut :

  7. Anda dapat pula mengembangkan kreasi Anda dengan cara memberikan warna putih pada outline seluruh objek, dengan ketebalan yang tebal sehingga efek outline putih akan terlihat

    Hasil perubahan warna outlline objek

Selamat Berkreasi dengan Teknik Repeat Duplicate Objek CorelDRAW
Load disqus comments

0 Komentar