Teknik Menyalin Objek Dengan Cepat

Teknik Menyalin Objek Dengan Cepat di CorelDRAW ini merupakan teknik dasar yang sangat penting untuk melakukan penyalinan objek dalam CorelDRAW dengan cepat. Teknik ini menggunakan mouse sebagai sarana penyalinan. Dari pengalaman para pengguna Aplikasi Desain CorelDRAW, Teknik ini teknik ini merupakan teknik yang paling dasar  dan menjadi andalan pengguna untuk melakukan manipulasi objek dengan cepat.

Teknik ini memanfaatkan klik kanan dan kiri mouse dalam melakukan penyalinan. Untuk mempermudah  istilah, klik kiri disingkat sebagai klik saja, sedangkan klik kanan akan ditulis dengan lengkap sehingga akan mempermudah pemahaman. Konsep paling cepat menggunakan klik, Tarik kemudian klik kanan. Cara melatih teknik ini adalah sebagai berikut :
  1. Buatlah Objek baru pada area kerja Anda.
  2. Klik Objek tersebut dan tahan kemudian drag objek ke posisi yang baru.
    klik dan drag objek ke posisi yang baru
  3. Setelah posisi Objek telah sesuai dengan keinginan Anda, Klik Kanan untuk melakukan proses penyalinan kemudian proses Drag dapat Anda lepaskan.
  4. Saat Proses klik kanan dilakukan , kursor pointer akan berubah menjadi tanda + , yang menandakan proses penyallinan telah terjadi sehingga proses selanjutnya melakukan drop objek hasil salinan tersebut.
    Akhir proses penyalinan objek
    Akhir proses penyalinan objek

Teknik menyalin Objek ini dapat anda kombinasikan dengan teknik Moving Objek, memutar Objek atau teknik manipulasi yang lain. Sebagai contoh Anda dapat melakukan penyalinan objek, seperti contoh berikut :
  1. Buatlah Objek Ellipse seperti pada contoh berikut :

    Objek Ellipse
  2. Putar objek ellips tersebut menggunakan Handle Rotasi pada sisi pojok objek. Gunakan tombol Ctrl untuk Increment  15 Derajat pada setiap rotasi, maka hasilnya akan seperti gambar berikut :


    Duplikasi dan proses putar objek
*) Baca Juga Mengenai : Teknik Repeat Duplicate Objek CorelDRAW
Load disqus comments

0 Komentar