Fountain fill linear di coreldraw

Fountain fill  
Selain dengan color fill sederhana,kita juga dapat mengisi obyek- obyek curve Tertutup dengan metode fill lainnya, seperti fountain fill dan pattern fill. Di artikel ini kita akan membahas advanced fill, khususnya untuk linear fountain fill yang sering digunakan. Fill yang non- color fill dapat diakses melalui fill tool pada toolbox, atau yang lebih praktis adalah melalui interactive fill tool [G], dan memilih type fill yang anda inginkan dari property bar. Fountain fill sendiri ada empat jenis:
  1. linear.
  2. conical.
  3. radial dan 
  4. square.
Secara garis besar, semua berfungsi untuk membuat fill dengan gradasi dari satu warna ke warna lainnya, secara gradual. Ini dikenal juga dengan istilah gradient. Perubahan dari satu warna ke warna lainnya dapat berlangsung secara direct, spectral counter clockwise (ccw), maupun spectral clockwise (cw).
Linear.
Fountain fill linear adalah yang paling sederhana, dimana obyek diisi dengan dua warna secara gradual. Misalkan anda memiliki sebuah rectangledan ingin mengisinya dengan linear, maka pertama- tama isilah dengan warna pertama yang anda inginkan dengan prosedur color fill seperti biasa. Lalu tekan [G] untuk meng- akses property bar interactive fill tool. Dari property bar tersebut, pilih linear pada fill type drop- down menu yang ada, sehingga warna kedua muncul. Warna kedua biasanya dimulai dengan putih. Ini dapat dilihat pada property bar, dilabel dengan nama last fill drop- down menu. Melalui menu tersebut anda dapat mengganti warna ini dengan warna lain. Bila berhasil, anda akan memperoleh hasil seperti pada contoh.
Linear
Bila anda memerlukan warna perantara, anda dapat menambahkan melalui icon edit fill pada property bar. Ini akan membuka fountain fill dialog box. Dari status two color menjadi custom. Seperti pada gambar, tampak preview fill, dan dua titik di kedua ujungnya.
property bar Fountain-fill
Kedua titik tersebut mewakili warna fill dan warna terakhir (last fill). Untuk menambah warna, anda dapat mendouble-click di antara kedua titik, dan akan sebuah segitiga yang mewakili warna perantara. Segitiga tersebut dapat diubah warna dan letaknya. Untuk membatalkan, double- click pada segitiga yang bersangkutan. Karena posisi warna- warna tambahan dihitung dalam persen, maka dapat disimpulkan bahwa jumlah warna tambahan yang dapat anda gunakan secara manual pada fountain maksimal 98 buah. Karena mungkin lebih dari satu, untuk merupah setting masingmasing warna, pilihlah segitiga yang bersakutan dengan meng- click- nya sehingga segitiga tersebut aktif (hitam= aktif, putih= pasif) terlebih dahulu sebelum merubah settingnya.
rectangle Linear
Pada contoh tampak sebuah rectangle yang diisi dengan warna merah menuju putih, dengan diseling dengan warna hijau.

dialog box Fountain fillKembali ke linear dua warna, pada dialog box fountain fill juga dapat anda temukan setting untuk gradient direct, spectral ccw, dan spectral cw. Dengan lingkaran warna yang ditampilkan sebagai referensi, anda dapat menentukan type gradient yang anda inginkan.

Pada contoh pertama, gradasi dari biru ke hijau, sementara pada contoh berikutnya, secara spectral ccw, juga dari biru ke hijau. Tampak bahwa dengan mengganti type gradient- nya, hasil yang dicapai dapat jauh berbeda. Anda juga dapat membuat dan merubah setting sebuah fountain fill secara interaktif.


Buatlah sebuah rectangle dan isilah dengan color fill seperti biasa. Kemudian dengan interactive fill tool (atau tekan [G]), drag- lah dari satu sisi ke sisi lainnya, tergantung keinginan anda. Pada contoh, drag dilakukan secara diagonal. Ganti warna akhir bila perlu.
rectangle
Setelahnya, bila anda meng- akses obyek anda dengan interactive fill tool, anda akan dihadapkan pada control points seperti ditunjukkan gambar. Kotak hijau mewakili posisi warna hijau (awal gradient), dan kotak kuning untuk warna kuning (akhir gradient), tergantung pada warna yang anda gunakan. Dengan memindahkan posisi warna- warna tersebut, anda sudah dapat mengatur arah dan lokasi warna gradient.
rectangle Linear
Slider berupa kotak putih di tengah- tengah garis adalah middle point atau titik tengah gradasi yang pada contoh dalam posisi default, yaitu 50%. Bila anda menginginkan bagian kuning lebih banyak, anda dapat memindahkan posisi mid- point ini lebih dekat ke arah kotak hijau.
Baca Juga artikel mengenai fountain fill  dalam coreldraw:
Load disqus comments

0 Komentar