Menciptakan Entrepreneur atau Netpreneur Baru

Menciptakan Entrepreneur atau Netpreneur Baru, Transaksi jual beli online kini mulai jadi trend baru di masyarakat indonesia.kegiatan ini dilakukan dengan beberapa kepentingan, baik kebutuhan untuk menjual, membeli produk, jasa maupun hanya sebagai gaya hidup.

Perkembangan teknologi internet telah mengundang Entrepreneur atau Netpreneur Baru untuk mengganti atau menambah sistem pemasaran, dari awal konvensional dengan cara tatap muka langsung antar penjual dan pembeli, hingga menjadi pemasaran secara online di mana antara penjual dan pembeli tidak harus bertatap muka. Bisnis jual beli online dapat mengatasi masalah jauh jarak dan perbedaan waktu karena dapat dilakukan 24 jam nonstop. Transaksi jual beli online juga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja apalagi sekarang teknologi internet sudah sangat mudah di akses melalui layanan internet di Handphone.
dengan demikian dapat di katakan pasar di internet sangat luas tidak hanya di indonesia siapapun dapat bertransaksi hingga luar indonesia.
Selain hal diatas kelebihan lain dari transaksi jual beli online adalah sangat hemat dari segi biaya/modal, penjual bisa menghemat biaya Sewa Tempat, Cetak Brosur, membayar pegawai dan lain lain. Begitupula dengan pembeli, mereka tidak perlu membuang banyak waktu untuk berputar putar mencari produk maupun perbandingan harga antara produk di satau tempat ke tempat yang lain. Anda bisa membayangkan jika jalan sendiri ke banyak toko, tentu selain melelahkan juga akan membuang waktu dan biaya transportasi. Melalui cara online jika jarak antara pembeli dan penjual cukup jauh biasanya ada onkos kirim yang harus di tanggung penjualnya, tetapi hal ini menjadi sebanding dengan manfaat dan hasil yang di dapatkan.
Jual beli online juga bisa memberikan keuntungan dengan menawarkan pilihan yang lebih banyak, karena si penjual memiliki showroom yang luasnya tidak terbatas, biasanya penjual cukup membuat dan meng-upload katalog produknya lalu memasarkan melalui web, blog atau artikel tentang produknya melalu Email, forum, blog atau pemasaran yang murah namun powerful yaitu dengan Memanfaatkan Social Media untuk Memasarkan Bisnis Anda dengan cara “Membuat Website Gratis di facebook

Adapun istilah jual beli barang atau jasa online dengan cara Electronic Commerce (E-Commerce)
Electronic Commerce (E-Commerce) Merupakan konsep yang di gambarkan proses jual beli barang atau jasa pada worl wide web internet atau proses jual beli jasa dan informasi melalui internet.
Definisi E-Commerce dari beberapa perespektif di antaranya :
  • komunikasi, E-Commerce merupakan pengiriman informasi, produk/layanan atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya.
  • Bisnis, E-Commerce merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan.
  • Layanan E-Commerce satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen dan manajemen dalam memangkas biaya jasa ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
  • Dari  perespektif Online, E-Commerce berkaitan dengan kapasitas jual beli produk dan informasi di internet dan jasa online, untuk memulai bisinis jual beli produk atau membuka jasa online sesuai dengan keahlian Anda, Anda dapat memanfaatkan jejaring sosila dengan membuat “Website Gratis di facebook” untuk mempromosikan barang atau jasa Anda.
Sejumlah orang memandang istilah Commerce sebagai transaksi yang dilakukan antar perusahaan yang berpartner, karena itu istilah E-Commerce berkesan sempit bagi sejumlah orang. Demikianlah banyak yang lebih suka istilah e-business, yang mengacu pada E-Commerce secara lebih luas tidak sekedar menjual dan membeli namun juga berarti melayani pelanggan dan berkolaborasi dengan partner bisnis.
Load disqus comments

0 Komentar