Publish document Coreldraw to PDF

Pdf
Pdf adalah suatu format dokumen yang pada dasarnya serupa dengan html, karena pada awalnya memang dirancang untuk menggantikan format html yang sudah perlu diganti karena teknologinya terlalu tua dan memiliki banyak kelemahan. Ironisnya, teknologi network justru relatif tertinggal sehingga sampai sekarang format html masih menjadi yang paling cocok untuk distribusi dokumen melalui internet/ web, sementara pdf lebih cocok untuk distribusi melalui media cd- rom dan sejenisnya.
Seperti html, file publikasi dengan format pdf dapat diberi hyperlink, di- upload ke intenet/ web, dan dapat berisi teks maupun gambar. Dibandingkan dengan html, format pdf memiliki kelebihan:
  • Hanya terdiri atas satu file yang berkat teknologi kompresi, ukurannya cukup kecil.
  • Font dan gambar sudah embeeded, terkandung dalam file, sehingga bila dibuka pada komputer manapun akan menampilkan hasil yang sama.
  • Meskipun terdiri dari berbagai halaman, dalam pdf dapat dikompilasi menjadi satu file saja, lengkap dengan index dan thumbnails.
  • Viewer dapat diperoleh secara gratis.
  • Dapat di- print, copy, export, dan di- edit melalui Coreldraw atau Adobe Acrobat.
  • Sebaliknya, file pdf dapat diproteksi untuk kepentingan hak cipta dan sejenisnya, agar tidak dapat dibuka, di- print, di- export, di- edit, atau kombinasinya.
Prosedur publish to pdf dimulai dengan mengakses menu file> publish to pdf. Pada dialog window yang muncul, anda hanya diminta menentukan nama file- nya saja, karena pada dasarnya pdf sudah mendukung multiple pages tanpa hyperlinks. Bila perlu, anda juga dapat menentukan settingnya melalui tombol setting yang tersedia.
Publish document Coreldraw to PDF
Hasilnya dapat anda buka dengan software Adobe Acrobat Reader, Adobe Acrobat, atau cukup dengan Coreldraw, tergantung setting yang anda pilih pada saat pembuatan. Semoga Bermanfaat.
Load disqus comments

1 Komentar: