Fungsi Blend dalam coreldraw.

Blend dua object yang berbeda warna dan bentuk

Setiap object pasti memiliki fill, outline, dan shape (bentuk), sekalipun object tersebut merupakan open curve/ object, namun nilai fill sebenarnya tetap ada, dan dapat anda lihat statusnya pada bagian kanan status bar interface Coreldraw, bersama dengan status warna outline. Dalam blend, warna outline dan warna fill dianggap sebagai warna saja

Blend berfungsi untuk menjembatani dua object yang memiliki warna fill dan/ atau outline dan bentuk yang berbeda, dengan membuat object- object tambahan lain (object perantara).
Hal ini dapat dilihat pada contoh.
Berdasarkan property bar interactive blend, ada banyak hal yang dapat diatur dalam sebuah blend, seperti jumlah, pengaturan deviasi warna, dan perletakkan object-object perantaranya.

Mengaplikasikan effect blend pada dua object dimulai dengan mengakses interactive blend tool, lalu men- drag dari object pertama menuju ke yang kedua. Setelah blend
dihasilkan, atur segala property yang relevan dengan kebutuhan pada property bar interactive blend.
Mengaplikasikan effect blend
Perhatikan bahwa object awal dan object akhir masih dapat dipilih sebagai satu individu sendiri, dan bila dipindahkan relatif terhadap satu sama lainnya, blend akan ikut terpengaruh. Sebaliknya, bila anda perlu merubah perperti blend, pastikan yang anda seleksi adalah blend- nya.

Mengingat masing- masing pembentuk blend masih dapat diseleksi secara individual, maka bukan tidak mungkin satu object di- blend menuju lebih dari satu object lain. Urutan drag pada waktu anda membuat blend tidak mempengaruhi hasil akhir. Arah blending justru terpengaruh oleh object order.
membuat blend tidak-mempengaruhi hasil akhir
Perhatikan order masingmasing object antara lain melalui docker object manager. Jika hasil tidak seperti yang diinginkan, anda dapat mengubah urutannya.
Bersambung ke Artikel selanjutnya yang membahas mengenai Mengenal Fungsi Contour coreldraw.
Load disqus comments

0 Komentar